Pengaruh Kebudayaan dan teknologi dalam membuat design grafis
Desain Grafis
Desain biasa diterjemahkan sebagai
seni terapan, arsitekturm dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Grafika
adalah segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan
gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada
khalayak. Contohnya, adalah: fott, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram,
tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain.
Jadi, Desain Grafis adalah suatu
bentuk komukasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi
atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar
karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain
Grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art, sperti jenis desain
lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang,
produk yang dihasilkan(rancangan), atau pun disiplin ilmu yang
digunakan(desain).
Gambar maupun tanda yang digunakan
bisa berupa tipografi atau media lainnya,seperti gambar atau fotografi.Desain
grafis didefinisakan sebagai aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi
untuk kebutuhan bisnis dan industri”. Aplikasi – aplikasi ini dapdat meliputi
periklanan, packaging, perfilman dan penjualan produk, menciptakan identitas
visual untuk insitusi, produk perusahaan, lingkungan grafis, desain informasi,
dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi. Komputer grafis adalah
program – program komputer yang digunakan untuk membuat desain grafis kalau
boleh saya memberi contoh seperti misalnya CorelDRAW, Photoshop, Illustrator,
dll, singkatnya komputer grafis adalah alat desain grafis. Desain Grafis adalah
suatu ilmu atau tekhnik yang digunakan untuk merancang , membuat dan mengolah
suatu gambar , tulisan , ataupun karya seni lainnya agar karya seni tersebut
memiliki nilai tambah seni yang baik. Untuk dapat menciptakan suatu karya seni
dengan menggunakan desain grafis yang baik.
Sejarah dan Perkembangan Desain Grafis
Sejarah awal perkembangan desain
grafis dapat ditelusuri dari jejak peninggalan manusia dalam bentuk
lambang-lambang grafis sign dan simbol yang berwujud gambar (pictograf) atau
tulisan (ideograf). Gambar dianggap lebih bersifat langsung dan ekspresif,
dengan dasar acuan alam. Belum ada yang tahu pasti sejak kapan manusia memulai
menggunakan gambar sebagai media komunikasi, tetapi sejak dulu manusia primitif
sudah menggunakan coretan gambar di dinding gua untuk kegiatan berburu
binatang. Selanjutnya memasuki Era Cetak : Desain grafis berkembang pesat
seiring dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan
dan mesin cetak. Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan
teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai
disain yang digunakan di Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan anggur. Ini
adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara
massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari ledakan informasi pada
masa kebangkitan kembali Eropa.
Temuan Gutenberg tersebut telah
mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman terutama untuk hiasan buku.
Pada masa itu juga berkembang corak
huruf (tipografi). Ilustrasi pada masa itu cenderung realis dan tidak banyak
icon. Seniman besarnya antara lain Lucas Cranach dengan karyanya “Where of
Babilon”. Pada perkembangan berikutnya, Aloys Senefelder (1771-1834) menemukan
teknik cetak Lithografi. Teknik cetak lithografi menggunakan teknik cetak datar
yang memanfaatkan prinsip saling tolak antara air dengan minyak. Teknik ini
memungkinkan untuk melakukan penggambaran secara lebih leluasa dalam bentuk blok-blok
serta ukuran besar, juga memungkinkan dilakukannya pemisahan warna. Sehingga
masa ini mendukung pesatnya perkembangan seni poster. Masa keemasan ini
disebu-sebut sebagai “The Golden Age of The Poster”. Nama lithografi tersebut
dari master cetak yang menggunakan media batu litho.
Mulainya perkembangan desain grafis
mengalami perkembangan pesat yaitu pada saat kejayaan kerajaan Romawi di abad
pertama yang telah membawa peradaban baru dalam sejarah peradaban Barat dengan
diadaptasikannya kesusasteraan, kesenian, agama, serta alfabet latin yang
dibawa dari Yunani. Dan pada saat ini adanya mesin cetak dan komputer juga
merupakan dua hal yang secara signifikan yaitu mempercepat perkembangan
penggunaan seni desain grafis hingga akhirnya diterapkan dalam dunia
periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain. Koran, majalah, tabloid,
website dan animasi/kartun yang sehari-hari kita lihat adalah produk desain
grafis.
Pemodelan grafis
Pemodelan adalah membentuk suatu
benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat
seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan
dikerjakan oleh komputer. Pemodelan grafis adalah Transformasi dari suatu
konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan
pada suatu komputer bisa dalam shape/bentuk, posisi, orientasi, surface,
properties, volumetric, properties dan lights. intinya menciptakan pemodelan
matematika dari objek 2D dan 3D.
1.
Grafik komputer 2D;
merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi
menggunakan teknik penggambaran dimana memiliki patokan titik koordinat sumbu x
(datar) dan sumbu y (tegak).
2.
Grafik komputer 3D
merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. perbedaan
dengan grafik 2D pada pemodelan 3D memiliki 3 titik kordinat yakni titik x, y,
dan z.
Pengaruh perkembangan grafis pada
teknologi memiliki dampak positif dan negatif, antara lain :
Dampak positif:
1. Para desainer dapat memperkenalkan
karyanya secara luas.
2. Software desain pun semakin canggih.
3. Mempermudah sesama desainer untuk
bekerja sama.
4. Menjual secara online hasil karya
yang diciptakan.
5. Karya yang di hasilkan akan lebih
bagus atau lembut.
Dampak negative:
1. Akan menjadi plagian karena mungkin
menggunakan software yang sama (tidak hasil karya tangan sendiri).
2. Membuat masyarakat lebih memilih
internet di banding hasil tangan.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar