Cara membuat karakter dengan blender



Pertama-tama buka aplikasi Blender.



Dari objek kubus tersebut dibentuk sedemikian rupa hingga membentuk suatu karakter objek boneka kubus atau yang biasanya disebut boneka Danboo. Mulai dari membagi ke dalam beberapa segment, kemudian extrude beberapa sisinya hingga membentuk badan tangan dan kaki. Hasilnya seperti gambar berikut ini.

Setelah boneka Danboo berhasil terbentuk, selanjutnya kita akan memindahkan posisi titik kuning yang nantinya akan digunakan sebagai poros awal tulang. Pada Edit Mode, seleksi seluruh bagian boneka Danboo kemudian klik Shift+S → Cursor to selected. Kemudian kembali ke Object Mode klik Ctrl+Shift+Alt+C → Origin to 3D cursor. Sekarang posisi titik kuning sudah berada pada bagian bawah dari bagian kepala boneka Danboo. 

Selanjutnya menambahkan tulang yaitu dengan cara mengklik Shift+A → Armature → Single bone. Jika belum terlihat bagian tulangnya maka pada bagian tools sebelah kanan scroll klik bagian yang berbentuk orang, kemudian beri tanda centang pada X-Ray.

Kemudian rapihkan bagian tulang dengan mengklik kanan mouse pada engsel bagian atas atur sesuai dengan keinginan. Selanjutnya seleksi engsel bagian bawah kemudian di extrude dengan mengklik E+sumbu(x,y,z). lengkapi bagian tulangnya seperti tulang untuk tangan dan kaki yang berporos dari tulang badan. Untuk membagi tulang menjadi 2 bagian yaitu dengan mengklik W → Subdivide.
Jika sudah selesai hasilnya maka seperti ini:

Kemudian kembali ke object mode, seleksi bagian badan boneka danboo dan bagian tulang, lalu klik Ctrl+P → With automatic weights.

Setelah itu klik Pose Mode.

Lalu badan boneka Danboo sudah bisa digerakkan beserta tulang-tulangnya seperti gambar berikut:

Kemudian beri warna boneka Danboo tersebut dengan mengatur pada bagian materialnya.

Setelah itu atur letak kameranya dengan menekan numpad 0. Kemudian klik N lalu beri tanda centang pada Lock Camera to View.


Atur juga letak pencahaan dan tipe cahayanya. Jika tidak ingin menampilkan bagian tulang maka hilangkan tanda centang pada X-Ray. Kemudian Render dengan mengklik F12. Berikut hasil rendernya:


Untuk menyimpan hasil render ke dalam bentuk gambar yaitu dengan mengklik F3, dengan format savenya *.png. sedangkan untuk menyimpan project blendernya yaitu dengan cara mengklik File → Save dengan format filenya *.blend.

HASIL KARAKTER






Sumber : http://un2kmoe.blogspot.co.id/2015/03/tutorial-cara-membuat-karakter.html

Komentar

Postingan Populer