Cara membuat karakter dengan blender
Pertama-tama
buka aplikasi Blender.
Dari objek kubus tersebut dibentuk sedemikian rupa hingga
membentuk suatu karakter objek boneka kubus atau yang biasanya disebut boneka
Danboo. Mulai dari membagi ke dalam beberapa segment, kemudian extrude beberapa
sisinya hingga membentuk badan tangan dan kaki. Hasilnya seperti gambar berikut
ini.
Setelah
boneka Danboo berhasil terbentuk, selanjutnya kita akan memindahkan posisi
titik kuning yang nantinya akan digunakan sebagai poros awal tulang. Pada Edit
Mode, seleksi seluruh bagian boneka Danboo kemudian klik Shift+S → Cursor to
selected. Kemudian kembali ke Object Mode klik Ctrl+Shift+Alt+C → Origin to 3D
cursor. Sekarang posisi titik kuning sudah berada pada bagian bawah dari bagian
kepala boneka Danboo.
Selanjutnya menambahkan tulang yaitu dengan cara mengklik
Shift+A →
Armature → Single bone. Jika belum terlihat bagian tulangnya maka pada bagian
tools sebelah kanan scroll klik bagian yang berbentuk orang, kemudian beri
tanda centang pada X-Ray.
Kemudian
rapihkan bagian tulang dengan mengklik kanan mouse pada engsel bagian atas atur
sesuai dengan keinginan. Selanjutnya seleksi engsel bagian bawah kemudian di
extrude dengan mengklik E+sumbu(x,y,z). lengkapi bagian tulangnya seperti
tulang untuk tangan dan kaki yang berporos dari tulang badan. Untuk membagi
tulang menjadi 2 bagian yaitu dengan mengklik W → Subdivide.
Jika sudah selesai hasilnya
maka seperti ini:
Kemudian kembali ke object mode, seleksi
bagian badan boneka danboo dan bagian tulang, lalu klik Ctrl+P →
With automatic weights.
Setelah itu klik Pose Mode.
Lalu badan boneka Danboo sudah bisa
digerakkan beserta tulang-tulangnya seperti gambar berikut:
Kemudian beri warna boneka Danboo
tersebut dengan mengatur pada bagian materialnya.
Setelah itu atur letak kameranya dengan menekan numpad 0.
Kemudian klik N lalu beri tanda centang pada Lock Camera to View.
Atur juga letak pencahaan dan tipe
cahayanya. Jika tidak ingin menampilkan bagian tulang maka hilangkan
tanda centang pada X-Ray. Kemudian Render dengan
mengklik F12. Berikut hasil rendernya:
Untuk
menyimpan hasil render ke dalam bentuk gambar yaitu dengan mengklik F3, dengan
format savenya *.png. sedangkan untuk menyimpan project blendernya yaitu dengan
cara mengklik File → Save dengan format filenya *.blend.
HASIL KARAKTER
Sumber : http://un2kmoe.blogspot.co.id/2015/03/tutorial-cara-membuat-karakter.html
Komentar
Posting Komentar